Jual Kitchen Set di Medan

10 Feb / by: Haniya / 0 comments / tags : ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Anda ingin menempah Kitchen Set? Hubungi HANIYA DECOR 08116408800, Toko Interior Lengkap melayani Sumut Aceh Riau.

Kitchen Set di Medan.

Apa Saja yang harus Disiapkan Sebelum Membuat Kitchen Set?

Dapur adalah salah satu bagian terpenting dalam rumah. Fungsinya tidak lagi hanya sekedar tempat memasak, tapi kini bisa dijadikan tempat untuk bercengkrama dengan anggota keluarga, dengan memasak bersama atau menikmati makanan hasil masak langsung di dapur, gak heran Dapur yang bersih, nyaman, tertata rapi adalah idaman para ibu rumah tangga. Untuk membuat perabotan dapur agar tertata baik dibutuhkan kitchen set yang sempurna, nyaman dan fungsional.

Kitchen set atau lemari dapur pada awalnya dibuat untuk dapur yang tidak terlalu luas, tapi masih bisa menyimpan perabotan dapur, penyimpanan makanan, sekaligus tempat penyajian. Oleh karena itu, lemarinya dibuat bawah dan atas.

Pada perkembangannya kini hampir semua rumah, mau itu rumah minimalis atau rumah luas sekalipun pasti dilengkapi dengan  kitchen set, tak heran kemudian banyak yang memproduksinya, tak lagi harus membuatnya secara khusus, kini yang sudah jadi pun atau yang tinggal merakitnya sudah banyak, dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan dapur kita, dengan berbagai jenis bahannya, dengan berbagai model dan warna pastinya. Dengan harga yang bervariatif.

Hal-hal yang mempengaruhi harga kitchen set, baik itu menempah atau membeli yang sudah jadi?

  • Bahan yang digunakan
  • Ukuran
  • Model yang akan menentukan tingkat kerumitan
  • Penggunaan aksesoris
  • Pemilihan warna

Apa yang mesti disiapkan ketika akan membeli atau menempah sebuah Kitchen Set?

  • Badgetnya berapa
  • Modelnya
  • Ukuran
  • Material finishing yang ingin digunakan
  • Memilih sendiri jenis kayu dan ketebalannya.

Kitchen Set adalah perangkat atau perabot berbentuk lemari kabinet yang berguna untuk menyimpan alat-alat dan perlengkapan dapur. Kitchen Set dirancang sebagai tempat untuk mengolah makan dengan cara memasak di dalam dapur yang sudah dilengkapi dengan peralatan masak memasak.

Dalam mendesain sebuah Kitchen Set hampir-hampir mirip dengan merancang bagian-bagian interior lain di dalam sebuah rumah yang sudah pasti membutuhkan penataan yang tepat, karena jika kurang teliti mendesain kitchen set akan berkorelasi demgan estetika dapur itu sendiri .

Dapur merupakan ruangan yang sangat vital, karena fungsinya yang maha penting tersebut sehingga elemen-elemen kitchen set harus fungsional, sebab peralatan dapur harus diletakkan dan disimpan pada tempat yang pas, pengelompokan alat-alat dapur yang mudah dijangkau dan diingat peletakan posisinya, sehingga sewaktu melakukan aktivitas masak memasak berlangsung lancar dan nyaman.

Komponen dari sebuah Kitchen Set secara umum terdiri dari Table Top yaitu meja yang berfungsi sebagai tempat persiapan sebelum memasak, seperti mencuci bahan masakan, memotong, melumuri, merebus, menggoreng, menumis, memanggang dan lain sebagainya sebaiknya memilih Table Top yang anti gores, kemudian Kompor yang berdasarkan tata letak dibagi menjadi 3 macam, yakni kompor yang diletakkan berdiri free standing cooker, ada juga Kompor yang ditanam built in cooker serta Kompor portable/konvensional, lalu Kitchen Sink yang berfungsi tempat mencuci peralatan dapur yang kotor dengan bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan model kitchen set, seterusnya Laci/Rak untuk tempat penyimpanan bumbu, gula, garam rempah-rempah dll, Lemari Kabin atau Lemari Atas yang fungsinya sebagai tempat menyimpan barang pecah belah seperti piring, sendok, garpu, mangkok, gelas dan aksesoris masak yang ringan, serta Lemari Bawah yang berfungsi menyimpan peralatan dengan bobot yang lebih berat seperti wajan/panci, tempat gas, ada juga sebagian yang memakai Microwave sebagai alat penghangat makanan supaya tidak mudah basi serta ada juga Cookerhood yang berfungsi sebagai penyedot asap untuk menjaga sirkulasi udara. Semakin berkembangnya dunia interior, saat ini kitchen set kebanyakan digabung jadi satu dengan tempat lemari es/kulkas, dispenser, bahkan televisi bisa dimasukkan ke dalam perangkat furniture pada kitchen set.

Type Kitchen Set dibagi menjadi 2 macam, yang pertama adalah Kitchen Set Untuk Dapur Basah dan Kitchen Set Untuk Dapur Kering atau pantry. Pantry dipakai untuk tempat memanaskan masakan yang telah siap saji sehingga penempatan pantry tersebut diletakkan pada areal yang menyatu dengan ruangan makan/dining room agar lebih mudah dan cepat mendistribusikan makanan. Pantry sering digabung dengan mini bar.

Faktor yang krusial lainnya adalah dalam menentukan Ukuran Kitchen Set yang akan berdampak kepada berapa banyaknya peralatan dapur yang bisa dimasukkan pada laci-laci, memproyeksi ukuran besar kecil peralatan masak serta menyisihkan space (ruang kosong) yang mungkin akan dibutuhkan di waktu yang akan datang.

Kitchen Set Minimalis cukup diminati, karena bentuk dan desain yang simple dan elegan, mudah dalam pemeliharaan dan pembersihannya, relatif lebih hemat biaya bahan sehingga bisa menggunakan Top Table Kitchen Set dengan bahan solid surface. Bentuk dan ukuran kitchen set yang kecil difungsikan menempatkan atau menyimpan peralatan yang lebih sederhana dalam rangka menghemat tempat atau ruangan, namun ada juga rancangan desain kitchen set yang didesain menyesuaikan dengan ukuran tubuh seseorang, dimana ukuran kitchen set nya disesuaikan dengan ukuran tubuh pemilik rumah supaya nyaman dalam melakukan aktivitas di dapur dengan catatan mempertimbangkan aspek ratio daripada besar ruangan yang ada serta fungsi peralatan yang terintegrasi pada sebuah kitchen set, lalu seterusnya  mengelompokkan masing-masing fungsi dan peralatan apa saja yang harus disediakan. Ukuran yang paling banyak dipakai untuk ketinggian kabinet utama yang berisi kompor dan tempat memotong bahan makanan biasanya 80 centimeter dengan ketebalan 70 – 90 cm.

Tahap Mendesain Kitchen Set

Untuk mendesain sebuah Kitchen Set harus memperhatikan tata letak dan ukuran dimensi yang tepat supaya fungsinya dapat dimaksimalkan, oleh karena itu aspek terpenting dalam mendesain interior dapur adalah kita harus membuat desain kitchen set yang fungsional, efisien, menyenangkan dan nyaman dalam melakukan aktivitas masak memasak.

Ada 3 prinsip yang perlu diperhatikan dalam desain sebuah kitchen set, yaitu :

  • Konsep Tradisional Segitiga Kerja yang membagi tiga titik utama dari sebuah dapur, yakni Clean up atau tempat bersih-bersih yang mencakup sink dan tempat mencuci piring, tempat untuk meletakkan piring kotor, kran air, tempat sabun serta tempat piring, sendok, gelas dan yang lainnya untuk kebutuhan rutin. Berdekatan dengan tempat bersih-bersih adalah lemari es. Mixing atau tempat meracik harus cukup dekat dengan alat masak yang paling sering digunakan (pisau, telenan, mangkuk, dsb), berikutnya Cooking Center yang meliputi kompor serta tempat transit untuk masakan panas, Rak kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, penggorengan diletakkan tidak jauh dari kompor dan kulkas. Sistem ini disebut dengan Segitiga Kerja yang dirancang terintegrasi lebih dekat, sebab apabila 3 hal ini jaraknya terlalu jauh, pekerja dapur atau ibu rumah tangga menjadi bekerja lebih berat karena harus banyak melangkah atau jalan, sebaliknya jika terlalu dekat, titik-titik kesibukan kerja dapur bisa menjadi crowded, sehingga harus disesuaikan dan terukur.
  • Konsep Modern Multiple Working Centres dengan desain dapur yang lebih modern dengan mengkondisikan banyaknya orang akibat kesibukan kerja sehingga cenderung memilih makanan yang semi siap saji, bumbu jadi, makanan kaleng, makanan yang bisa langsung digoreng spt nugget dan makanan beku dan lain-lain. Disamping itu adanya keluarga modern  yang berasumsi, siapa saja boleh memasak sendiri di dapur, tidak terbatas hanya ibu rumah tangga dan pembantu. Jadi suami dan anak-anak yang sudah mengerti memasak bisa mengakses dapur dengan bebas leluasa. Pada dapur jenis ini ditambahkan satu fungsi lagi yakni tempat saji tempat menata makanan panas yang baru selesai dimasak sebelum dihidangkan di meja makan, atau juga tempat memasak kue. Dengan keadaan ini, para desainer mengembangkan konsep island layout sebutannya, dimana pada layout ini, Counter Top seperti top table, granit, marmer, takon dan lainnya diletakkan di tengah dan menciptakan space yang lebih lebar guna meracik dan menyiapkan makanan.
  • Standard Layout, di bawah ini akan dijelaskan standard layout kitchen set dengan berbagai bentuk yang berbeda, ada bentuk garis “I” (one-wall), U dan L. Bentuk I merupakan bentuk yang paling tidak direkomendasikan, namun apabila kondisi tidak memungkinkan, perhatikan flow standard layout yang berbentuk I, yakni kulkas, sink, tempat meracik dan kompor. Bentuk U merupakan bentuk yang paling ideal dan pas, sebab bentuk ini yang bisa mengkonsentrasikan area kerja dalam ruang yang kompak dengan sedikit lalu lalang, sementara bentuk L adalah bentuk yang sederhana juga efisien khususnya jika dapurnya tidak memungkinkan dirancang dengan bentuk U.

Contoh Layout Kitchen Set

Menghitung Ukuran &  Menghitung Biaya Kitchen Set

Untuk menghitung biaya pembuatan kitchen set terdiri dari aspek :

  • Desain Kitchen Set
  • Jenis Bahan Material Kitchen set
  • Jenis Finishing Kitchen Set
  • Volume Ukuran kitchen set yang akan dibuat

Setelah menghitungya, lalu akan diketahui biaya masing-masing per meter lari. Per meter lari adalah satuan panjang total bidang terluar kitchen set kemudian dikurangi lebar kedalamannya.

Harga per meter lari kitchen set hanya merupakan harga lemari kabinetnya dengan material pilihan dasar dan jenis finishing termasuk pemasangan jadi tidak dan belum termasuk harga peralatan dan aksesorisnya seperti microwave, cookerhood, kompor gas, kulkas, lampu, table top, dan lain-lain. 

Contoh Perhitungan Biaya Kitchen Set per meter lari :

  • Mempergunakn material dasar multiplek, desain minimalis dan finishing dengan tempel takon sheet/decosheet adalah berkisar 1,5 jt – 1,9 jt
  • Mempergunakan material dasar multiplek desain minimalis serta finishing dengan cat melamik antara 2 jt – 2,7 juta per meter lari,
  • Mempergunakan material dasar multiplek, desain minimalis dan finishing dengan cat Duco, kisaran harga 2,2 jt – 2,9 per meter lari,
  • Menggunakan material dasar multiplek desain minimalis dan finishing dengan HPL berkisar 3 juta – 3,5 juta per meter lari (harga bahan HPL harganya bervariasi dari 400 rb – 1,5 jt per lembarnya.

Contoh 1, Misalkan Dapur sudah ada cor coran Table Top, menggunakan finishing HPL dengan biaya per meter lari Rp. 2 juta.

  •  Bagian Atas : 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,4 meter (lebar kabinet bagian atas) : 3,2 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6,4 juta
  • Bagian Bawah : 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,6 meter (lebar kabinet bagian bawah) : 3 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6 juta
    • 6 juta x 0,8 (angka pengali karena bagian bawah tidak full partisi & sudah ada cor coran) = Rp. 4,8 juta

Jadi Total Biaya Pembuatan Kitchen Set dengan asumsi gambar di atas adalah : Bagian Atas + Bagian Bawah Rp. 6,4 juta + Rp. 4,8 juta – Rp. 11,2 juta.

Contoh 2 Asumsi Kondisi Dapur kosong belum ada cor coran semen dan keramik, Table Top menggunakan granit alam star white, Finishing menggunakan HPL dan bahan dasar teakblock 18 mm dengan harga per meter lari Rp. 2 juta.

  • Bagian Atas 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,4 meter (lebar kabinet bagian atas) : 3,2 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6,4 juta
  • Bagian Bawah : 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,6 meter (lebar kabinet bagian bawah) : 3 meter x Rp. 2 juta = Rp. 6 juta
    • Table Top granit alam star white Harga Rp. 1,5 juta per meter lari
    • 2 meter + 1,6 meter = 3,6 meter
    • 3,6 meter – 0,6 meter (bagian pojok dinding) = Rp. 3 meter x 1,5 juta = Rp. 4,5 juta

Jadi Total Biaya Pembuatan Kitchen Set dengan asumsi Contoh 2 diatas adalah = Bagian Atas + Bagian Bawah + Table Top Granit : Rp. 6,4 juta + Rp. 6 juta + 4,5 juta = Rp. 16.900.000,-

Catatan : 

  • Harga granit per meter larinya bervariasi tergantung jenis dan motif 
  • Harga tersebut merupakan simulasi, kondisi harga sebenarnya bisa berubah tergantung harga bahan material terkini.

Kami menyediakan jasa pembuatan kitchen set yang dikerjakan oleh ahli yang sudah berpengalaman dengan jam kerja tinggi yang hasil karyanya bisa anda saksikan di showroom dan workshop, kami akan memberikan pelayanan terbaik mulai dari desain, handling dan penyetingan dan hasil kerja yang sesuai dengan desain yang disepakati serta bergaransi jika setelah terpasang ada yang tidak sesuai atau perlu penyempurnaan.

Cara Memesan Kitchen Set dari kami, caranya sbb :

  • Survey, marketing sekaligus surveyor akan membantu anda memberikan informasi seperti jenis bahan, jenis finishing, perhitungan harga dan melakukan pengukuran
  • Desain, dikerjakan setelah melakukan survey dan pengukuran
  • Penawaran Harga, ketika desain sudah disetujui, kemudian selanjutnya kami mengajukan penawaran harga sesuai dengan desain yang telah disepakati
  • Pengukuran Ulang, setelah anda menyetujui harga, dan dilanjutkan dengan pembayaran DP, maka tim kami akan melakukan pengukuran ulang
  • Proses Pengerjaan (Produksi), dimana untuk proses pembuatan kitchen set kondisi normal membutuhkan waktu lebih kurang 2 minggu terhitung setelah pengukuran ulang, kecuali jumlah yang diproduksi volumenya banyak dan rumit membutuhkan waktu 21 hari
  • Penyetingan, pesanan sudah siap untuk dikirim, kemudian kami melakukan konfirmasi untuk mengatur jadwal pengiriman sekaligus pemasangan  dan setting yang disaksikan oleh anda langsung.

Untuk survey dan mendapatkan desain kitchen set di luar kota, ada dikenakan biaya survey sebesar ongkos transport dan akomodasi yang besarnya disesuaikan dengan wilayah yang akan dikunjungi.

Cara Pembayaran : 

Sistem pembayaran bisa tunai jika anda berkunjung ke workshop atau via transfer bank. Termin pembayaran dibagi menjadi 3 tahap. Tahap Pertama DP sebesar 50 % dari nilai total dibayar dimuka sebelum memasuki tahap pengerjaan. Proses produksi akan dimulai apabila kami sudah menerima pembayaran DP. Selanjutnya pembayaran 40 % dibayar setelah pesanan selesai dan siap untuk dikirim, Pengiriman akan dilakukan setelah kami menerima pembayaran kedua. Dan terakhir, pembayaran sisa 10 % dibayar setelah pesanan diantar ke lokasi dan dipasang serta disetting dengan rapi. Kondisi tersebut bisa dinegosiasikan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Tips-Tips Dalam Menentukan Pembuatan Kitchen Set :

Untuk membeli atau membuat kitchen set dapur ada 2 alternatif yang bisa anda pilih. Yang pertama membeli kitchen set jadi, pilihan ini beresiko dimana apabila ukuran kitchen set tidak sesuai dengan ruangan dapur yang telah disiapkan. Second choice, adalah membuat atau menempah kitchen set, dengan menempuh langkah ini anda akan terhindar dari kesalahan, karena ukuran kitchen set akan disesuaikan dengan ruangan dapur anda.

  • Kitchen Set merupakan sebuah karya seni, sehingga harus dipastikan benar-banar penyedia jasa kitchen set memiliki jiwa seni dan skill dalam mengerjakannya. Kemampuan penyedia jasa dalam mengidentifikasi spesifikasi jenis bahan dan warna yang paling cocok sangat mutlak diperlukan. Silahkan memperbandingkan sesama penjual kitchen set untuk desain dan opini dari masing-masing aplikator.
  • Kitchen Set merupakan kombinasi antara pekerjaan tukang kayu, tukang bangunan dan tukang listrik, sehingga dalam proses pengerjaannya harus melibatkan spesialis yang kompeten, mulai dari tukang yang membobok dapur sampai tukang granit yang menyetel granit supaya sink nya bisa masuk, Penting..! Jangan sampai salah pilih untuk point ini.
  • Lakukan Survey terlebih dahulu mengenai bahan, bentuk model dan biaya dalam pembuatan kitchen set. Bila ada waktu luang, anda bisa melihat pameran atau mengunjungi showroom perabot/furniture terlebih dahulu
  • Sebelum membuat kitchen set, pastikan jasa pembuatan kitchen set untuk dapur anda menggambar sketsanya sebelum anda menyetujui desain kitchen set.

Dikarenakan mendesain kitchen set  beda-beda tipis dengan mendesain rumah dan interior ruangan pada umumnya, maka jangan sampai kitchen set yang sudah ditempah mahal dan membuat kita menyesal, maka terdapat 7 (tujuh) Kesalahan Dalam Merancang Kitchen Set yang harus dihindari, yaitu :

  • Emosional & Teburu-buru. Pemilik rumah mudah tergiur oleh tampilan indah nan wah, padahal ini belum tentu cocok untuk kondisi dapur yang dimiliki.
  • Kurang Matang Mempertimbangkan Potensi Lokasi & Ventilasi. 2 point ini penting supaya fungsinya maksimal, lokasi ventilasi dan bukaan sebaiknya dipertimbangkan untuk menentukan desain yang sesuai dengan alur kerja dapur, berguna untuk kesehatan, kenyamanan dan keamanan.
  • Tidak Merancang Secara Menyeluruh (Membuat Secara Tambal Sulam). Cara ini sangat riskan, karena tambal sulam berpotensi membuat kitchen set berantakan, hal ini bisa terjadi akibat ketersediaan material kitchen set yang tidak selalu ready stock. Syukur jika material yang dibeli saat ini masih tersedia atau masih ada yang jual ketika akan meneruskan pembuatan kitchen set kemudian hari.
  • Keliru Dalam Memilih Kitchen Apliances. Langkah ini sangat penting  terlebih lagi bagi anda yang ingin merancang kitchen appliances secara built in atau tertanam. Salah dalam memilih dapat berakibat fatal pada kerusakan pada materialnya atau kerancuan pada desain kitchen set.
  • Lebih Memilih Menghemat Biaya dengan Mengorbankan Fungsi. Kondisi ini kerap terjadi pada pemilik rumah dengan budget dananya pas-pasan, demi memiliki kitchen set yang mentereng bisa jadi mereka memilih menekan harga, padahal dengan ngotot menawar harga semurah-murahnya, kualitas material lebih rendah sehingga mutu kitchen set pun menjadi ikut rendah juga.
  • Salah Memilih Produsen. Pilihlah produsen atau jasa pembuatan kitchen set yang terpercaya dan terbaik. referensi teman atau keluarga yang sudah merasakan kepuasan menjadi input berharga.

Haniya Decor menerima Tempahan Kitchen Set, Perabot Tempahan, Furniture Kantor, Bed Set, Backdrop, Lemari, Rak Bawah Tangga dan lain-lain, melayani seluruh wilayah Sumatera Utara, Aceh, Riau dan wilayah lainnya.

Silahkan contact HP/WA. 081161408800 untuk info lebih detail. Kami juga menyediakan Wallpaper, Interior Blinds, Exterior Blinds, Insect Screen & Partitions melayani order pemesanan seluruh Indonesia.

 

comments ( 0 )

Leave a reply